OPTIMASI RUTE DISTRIBUSI BBM GUNA MENENTUKAN KEBUTUHAN MOBIL TANGKI MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIX DI FUEL TERMINAL XYZ
DOI:
https://doi.org/10.53026/prosidingsntem.v4i1.82Abstract
Distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dari Fuel Terminal ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) memerlukan perencanaan yang optimal terutama dalam menentukan kebutuhan jumlah mobil tangki. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kebutuhan mobil tangki yang optimal di Fuel Terminal XYZ guna mendukung proses distribusi BBM yang efisien. Peningkatan permintaan BBM mengakibatkan peningkatan aktivitas distribusi di Fuel Terminal yang memerlukan jumlah mobil tangki yang memadai untuk memenuhi permintaan secara efisien. Penelitian ini menggunakan metode Saving Matrix untuk mengoptimalkan rute distribusi BBM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan metode Saving Matrix, rute distribusi dapat dioptimalkan sehingga kebutuhan jumlah mobil tangki dapat dikurangi dari 13 unit menjadi 5 unit. Hal ini menghasilkan penghematan jarak tempuh sebesar 1.504 km, yaitu dari 2.578 km menjadi 1.074 km. Efisiensi ini tidak hanya mengurangi biaya operasional tetapi juga memastikan penggunaan armada yang ada secara lebih efektif.