UPAYA PENINGKATAN FUEL EFFICIENCY REBOILER HEATER 203-H-005 MELALUI PENGOPTIMALAN AIR TO FUEL RATIO (AFR) DI UNIT PLATFORMING PT. XYZ
DOI:
https://doi.org/10.53026/prosidingsntem.v4i1.139Keywords:
Heater, Air to Fuel Ratio, Fuel Efficiency, Metode Trial and ErrorAbstract
Unit Platforming di PT. X merupakan salah satu unit yang berfungsi untuk mengolah sweet naphta dari Unit Naphta Hydrotreating menjadi produk reformat yang memiliki angka oktan tinggi. Dalam unit tersebut, Reboiler Heater 203-H-005 memiliki peran penting untuk meningkatkan suhu dari produk bawah kolom Debutanizer 203-C-001 sebelum di masukkan kembali ke kolom. Hal ini bertujuan untuk menguapkan fraksi ringan yang terikut ke produk reformat. Hasil evaluasi Reboiler Heater 203-H-005 selama bulan Juli 2024 menunjukkan bahwa nilai fuel efficiency berkisar antara 78-87% yang mana masih dibawah dari data desainnya yang sebesar 90,4%. Setelah dilakukan upaya peningkatan fuel efficiency dengan metode trial and error nilai AFR actual yang ditingkatkan hingga 4,95% dari penggunaan semula. Dari hasil optimasi ini, nilai fuel efficiency meningkat menjadi 91,22% dan flue gas yang dilepaskan ke atmosfer berkurang dari 16.052,87 lb/jam menjadi 15.295,85 lb/jam, serta pemakaian fuel gas sebagai bahan bakar berkurang menjadi 420,75 kg/jam. Dengan Upaya peningkatan fuel efficiency ini juga memberikan dampak terhadap profit yang didapat Perusahaan meningkat sebesar 4,7% atau Rp 14.548.289.787,97/tahun.